454 Siswa Madrasah Adu Ilmu

454 Siswa Madrasah Adu Ilmu

454 Siswa Madrasah Adu Ilmu

Seba­nyak 454 pelajar dari madra­sah mengikuti Kompetensi Sains Madrasah

(KSM) tingkat Kota Bogor di MAN 2 Kota Bogor. Mulai dari tingkat Mad­rasah Ibtidaiyyah (MI), Mad­rasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag), Kota Bogor, Ansurullah, men­gatakan, kegiatan ini diselen­ggarakan pada Sabtu (20/7) dengan mengompetisikan beberapa mata pelajaran. Meliputi matematika, biologi, fisika, kimia, biografi dan eko­nomi. “Jadi, pesertanya itu dari berbagai tingkatan. Un­tuk rincian jumlahnya, MI ada 83 orang, MTs ada 198 orang dan MA ada 173,” bebernya.

Lewat acara bertajuk “Mewu­judkan Semangat Berkompe­tensi Sehat guna Meningkatkan

Integrasi Sains Islam Menuju Madrasah yang Hebat Berm­artabat”, pihaknya ingin para siswa tak luput dari kaidah-kaidah keislaman. “Keunggu­lan KSM ini beda dengan lomba lainnya yang dilakukan sekolah umum, di mana dalam KSM setiap mata pelajaran yang dikompetisikan harus diinte­grasi dengan kaidah sains ke­islaman,” katanya.

Menurut Ansurullah, pe­serta KSM ini tak hanya men­jawab pertanyaan yang dibe­rikan penguji, tapi pertanya­an itu harus dijawab dengan mengintegrasikan mata pe­lajaran pengetahuan umum dengan pengetahuan sains keislaman. “Dari sistem kompetisinya saja sudah dipastikan kegiatan KSM harus diikuti peserta yang memiliki keunggulan tersen­diri di bidang agama dan bidang sains,“ tuturnya.

Di samping itu, peserta juga harus mengerti dengan kaidah keislaman yang men­dalam. Bahkan, pihaknya juga mengundang peserta dari SMA umum unggulan yang kompetensi sainsnya sudah teruji.

“Dalam kompetensi ini, kita hanya akan mengambil juara pertama dari masing-masing

mata pelajaran dan masing-masing tingkatan, baik tingkat MI, MTs maupun MA yang akan kita kirim ke KSM tingkat Jawa Barat pada 15 Agustus di Kabupaten Cianjur. Untuk KSM tingkat nasional pada September 2019 di Ma­nado,” bebernya.

Ia berharap even KSM se­perti ini menjadi wahana pembuktian bahwa siswa-siswi madrasah, baik MI, MTs maupun MA tak kalah bersaing dengan sekolah umum favo­rit unggulan lainnya. “Mad­rasah hebat bermartabat itu akan benar-benar dapat di­wujudkan dengan prestasi siswa yang nyata,” jelasnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/3B9QQCH