Berhenti Pakai Charger Abal-Abal !, Ini Alasannya

Berhenti Pakai Charger Abal-Abal !, Ini Alasannya

Berhenti Pakai Charger Abal-Abal !, Ini Alasannya

Semakin maraknya bermunculan smartphone dengan berbagai tipe

atau merek membuat membludaknya juga aksesoris atau suku cadang non orisinal di pasaran, salah satunya charger abal-abal.

Jika dilihat dari bentuk dan harganya, charger abal-abal atau palsu tentu dijual dengan harga sangat murah dan juga desain yang sangat menarik. Namun, dilihat dari kualitas, charger tersebut masih sangsi.

Jika kita membaca buku petunjuk yang ada dalam boks atau dus smartphone, seringkali mereka mengingatkan agar menggunakan charger keluaran pabrikan atau charger yang berasal dari pihak ketiga yang mempunyai lisensi resmi dari vendor smartphone tersebut.

Pasalnya, jika Anda ingin mengisi daya smartphone, charger tersebut harus

memiliki daya dan voltase yang sama dengan asli atau bawaannya. Sedangkan pada voltase pada charger murahan belum tentu sama dengan orisinalnya.

Satu lagi yang bisa dijadikan pertimbangan menggunakan charger abal-abal, yaitu sertifikat. Charger orisinal pasti memiliki standar aman digunakan serta dilabeli sertifikat.

Jadi jangan aneh jika ada korban akibat meledaknya charger atau smartphone hancur gara-gara charger.

Sebagai bukti, UL Laboratory sebuah perusahaan independen melakukan

percobaan keamananan elektrik dasar yang ada di charger non orisinil. Hasilnya, dari 400 adapter abal-abal yang diuji coba, 99 % mengalami kegagalan.

Menurut laporan tim dari UL Laboratory, kegagalan tersebut bisa melukai pengguna, karena charger mengalami kerusakan hebat serta terbakar.

Jadi jika Anda ingin membeli charger smartphone, lebih baik beli yang orisinal atau dari pihak ketiga yang mempunyai lisensi pabrik. Walaupun harganya mahal, tapi dipastikan aman penggunaan. (Adi/R5/HR-Online)

 

sumber :

https://hon.co.id/