Cara Membangun Capsule Wardrobe

Cara Membangun Capsule Wardrobe

Cara Membangun Capsule Wardrobe

Ketika menyangkut fashion dan gaya

kita semua ingin segalanya praktis dan tidak ribet. Caroline Rector, blogger yang baru saja sharing tentang hidup minimalisnya bersama dengan capsule wardrobe membuktikan bahwa kita dapat membuat banyak outfit hanya dari beberapa jumlah pakaian saja sekaligus berhemat.

Belum pernah mendengar tentang capsule wardrobe? Caroline mendokumentasikan gaya minimalisnya dengan mengenakan hanya 37 potong pakaian saja selama tiga bulan berturut-turut. Setelah tiga bulan, dia akan membeli baju baru untuk ditambahkan ke rotasinya dan hal ini benar-benar mengubah pandangan hidupnya.

Siap terinspirasi? Yuk baca terus bagaimana cara membangun capsule wardrobe-mu sendiri!

Apa itu capsule wardrobe?

Definisi sederhana dari capsule wardrobe adalah lemari pakaian mini yang dibangun dari baju-baju serbaguna yang benar-benar akan kamu pakai sehari-hari.

Begitu kamu memiliki capsule wardrobe, memikirkan outfit sehari-hari jadi lebih mudah. Pasti pernah kan merasa tidak memiliki baju untuk digunakan padahal banyak sekali baju menumpuk di lemarimu? Nah, capsule wardrobe akan membuat kamu selalu memiliki baju untuk dipakai tanpa harus kebingungan lagi.

Capsule wardrobe-mu akan terdiri dari kombinasi barang yang sudah kamu miliki dan sukai, serta barang berkualitas baru yang dapat kamu beli sesekali dalam 3 bulan sekali atau pada saat pergantian musim jika kamu tinggal di luar negeri yang memiliki 4 musim.

Keuntungan Memiliki Capsule Wardrobe
Capsule wardrobe membuatmu memiliki lebih banyak waktu, lebih banyak uang, dan lebih banyak energi untuk hal-hal dalam kehidupan yang benar-benar penting. Dengan belanja hanya sekali dalam satu musim, kamu dapat menghemat uang untuk baju-baju yang mungkin hanya akan kamu gunakan sesekali.

Selain itu, memutuskan baju apa yang harus dipakai membutuhkan energi mental yang lebih baik dihabiskan untuk hal lain. Alih-alih mencoba beberapa pakaian dan bersiap-siap di pagi hari dengan harapan bisa menemukan barang yang sempurna untuk dipakai dengan waktu yang cukup lama, kamu dapat membuat capsule wardrobe yang dapat memudahkan semua proses siap-siapmu di pagi hari.

 

Cara Membangun Capsule Wardrobe

1. Lihat
Letakkan semua pakaian, aksesoris, perhiasan, dan sepatu di kamarmu, semuanya.

Melihat apa yang kamu miliki merupakan langkah penting dalam membangun capsule wardrobe. Lihatlah apa yang telah kamu miliki dan apa yang tidak kamu pakai.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
2. Sortir
Pilih pakaian yang kamu sukai dan akan kamu gunakan sehari-hari, tidak lebih dari 40 potong, termasuk sepatu dan aksesoris. Jangan terlalu memikirkannya, jangan berpikir dua kali, ikuti instinct pertamamu, lalu rutkan item ke tumpukan barang-barang seperti contohnya baju yang kamu sukai, baju yang mungkin akan kamu gunakan, baju yang akan kamu donasikan dan baju yang sudah tidak layak pakai dan akan dibuang.

Tanyakan juga kepada dirimu sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

Akankah kamu pergi ke toko dan membeli barang tersebut hari ini?
Akankahkamu akan memakai barang ini dalam 3-6 bulan ke depan (atau sebelumnya)?
Jika jawabannya tidak, mulailah buat tumpukan donasi dan segera tambahkan ke barang-barangmu yang lain untuk sumbangan.

3. Pilih
Buat daftar barang menurut kategori. Mulailah dengan item yang sudah Anda gunakan setiap hari, dan item pakaian go-to mu. Daftar ini bisa berubah seiring berjalannya waktu seiring perubahan musim, atau situasi kerja, dan lainnya.

Jika kamu gugup dan merasa sayang untuk menyingkirkan pakaian yang kamu baru sortir, cukup simpan saja untuk jaga-jaga, tetapi jangan taruh di lemari yang sama dengan isi capsule wardrobe-mu. Jadi jika kamu tiba-tiba terpikirkan oleh sesuatu yang ingin kamu gunakan di tumpukan tersebut, berarti barang tersebut dapat masuk ke dalam capsule wardrobe-mu karena kamu membutuhkannya.

Ingat, proses pembuatan capsule wardrobe ini tidak dimaksudkan untuk menjadi pengalaman yang menyedihkan ataupun menyusahkan. Capsule wardrobe dimaksudkan untuk membuat hidupmu lebih simpel dan mudah. Tujuannya di sini bukan untuk tidak mau bergaya atau menolak berbelanja sama sekali. Tujuannya adalah untuk mencoba sesuatu yang baru jika kamu kesulitan dalam memilih pakaian sehari-hari dan hal tersebut menyita banyak waktumu.

Setelah 3 bulan memiliki capsule wardrobe, kembalikan barang yang kamu sudah pilih untuk ditaruh di dalam capsule wardrobe-mu dari barang-barang sisa yang kamu simpan. Gunakan mereka untuk capsule wardrobe di bulan mendatang, atau jika kamu merasa tidak memerlukannya lagi, donasikanlah kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.

Sumber : https://how.co.id