Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing Persia

Tidak berbeda dari cara merawat kucing lainnya. Ada beberapa tips berguna bagi kalian yang barusaja memiliki Kucing persia, atau baru ingin mengadopsinya agar lebih mudah dalam merawat kucing persia.

1. Makanan

Mangkuk yang memiliki sisi-sisi rendah lebih baik, karena saat makan tidak akan mengganggu kumis. Apalagi jika kucing persia anda memiliki wajah yang datar atau biasa disebut pesek kalu pada manusia haha, itu harus menggunakan piring yang datar dan sedikit lebar. Saya tidak menyarankan kalian menggunakan wadah yang terbuat dari plastik, karena akan menjadi tempat tinggalnya bakteri. Bahan Kaca, stainless steel atau keramik lebih di anjurkan. Selain alasan bakteri pemilihan bahan yang berat ini juga akan meminimalisir tumpah, atau terbaliknya wadah karena terinjak oleh si kucing. namun perlu diperhatikan juga. bukan berarti bahan ini bebas dari bakteri, jadi anda tetap harus selalu mencucinya ya.
Berikut salahsatu contoh wadah yang akan membuat posisi makan kucing persia menjadi nyaman.
Saya membeli kaca itu dari sebuah toko barang bekas. Alternatif lain adalah piring untuk tatakan cangkir kopo, asbak datar (tapi yang benar-benar bersih). Jadi anda tidak harus mencarinya ketempat toko hewan peliharaan. Gunakan saja yang ada untuk meminimalisir pengeluaran hahaha.. kecuali anda memang memiliki dana yang cukup.
Karena kucing persia memiliki mantel bulu yang indah , penting untuk menjaganya tetap bersih. Kotoran atau bekas makanan yang menempel pada kaki dan rambut kucing akan sangat mengganggu keindahan, bahkan kesehatan kucing. Kucing sangat suka menjilati dirinya sendiri untuk membersihkan badannya, dan apabila kotoran tersebut termakan oleh kucing, itu juga akan sangat buruk bagi kesehatannya. saya sangat menganjurkan kalian untuk memberi makanan yang berjenis stik pelet. Berdasarkan pengalaman Stik pelet tidak akan menggumpal dan lengket. Anda bisa mencarinya langsung ketempat toko hewan, namun pilihan tetap ada ditangan anda. mau pilih yang berjenis stik pelet atau memilih jenis lainnya. Yang penting kucing anda tetap diberi makan dengan asupan gizi yang seimbang, karena itu akan membuat kucing anda tetap sehat. Sebaiknya anda juga jangan memberikan makanan kucing secara berlebih, karena itu akan menyebabkan kucing kegemukan.

2. Alat Perawatan 

Ini adalah bagian yang paling penting jika anda memiliki Kucing Persia atau baru rencana untuk mengadopsinya. Karena kucing memerlukan perawatan Khusus. Salahsatu contohnya adalah sisir. Jangan sembarangan juga memilihkan sisir untuk jenis bulu kucing anda. Mungkin Jika Salah, sisir yang anda gunakan akan menyakiti kulit kucing, dan membuat rambutnya malah jadi rontok. Menyisir atau menyikat bulu kucing adalah bagian terpenting dari merawat kucing anggora, selain meminimalisir dari bulu yang kusut, menyisir atau menyikat juga akan membantu membersihkan bulunya dari kotoran dan bulu yang sudah rontok. Saat kucing menjilati tubuhnya mungkin saja selain kotoran, bulunya sendiri malah akan termakan oleh dia sendiri. jadi Usahakan untuk melakukan hal ini setiap hari ya.

3. hairballs

Ada banyak produk makanan untuk kucing di pasaran yang mengklaim bahwa mereka tidak akan mengakibatkan terjadinya hairballs. Namun kenyataannya hairball pada kucing tetap muncul. Kucing yang memiliki rambut panjang memang sangat rentan terhadap hairball. Namnun sampai saat ini  Pencegahan yang paling efektif yang saya percaya pada diet sehat yang konsisten bagi si kucing. anda bisa berkonsultasi langsung pada dokter hewan anda, karena setiap kucing memiliki penanganan berbeda. Dari pada anda membeli produk pencegahan hairball yang mahal, makanan-makanan, gel dll. Saya sendiri menggunakan metode diet sehat menggunakan daging mentah buatan sendiri. pada lain kesempatan saya akan membagikan caramembuat daging sendiri untuk diet sehat kucing anda.

4. nutrisi

Makanan kucing yang berkualitas tinggi dan memiliki nutrisi yang tepat akan berdampak positif juga bagi kesehatan dan mantel bulu kucing anda. Pastinya anda tidak menginginkan kucing anda diare, bahkan kotoran yang menempel pada kucing anda. jadi saya lebih menereapkan diet daging mentah buatan sendiri. karena menurut dokter hewan saya ini adalah metode yang sangat baik bagi kucing saya, dan mengandung banyak nutrisi.
a. Hasil diet berkualitas tinggi:
– Mantel bulu menjadi lebih lebat, lembut, panjang dan mengkilap.
– Menurunkan hairballs, bahkan sudah tidak ada.
– Kotoran tidak terlalu bau, lebih kering dan sangat rendah
b. Jangka panjang manfaat kesehatan
– Kucing menjadi lebih fit, sehat, lincah dan terhindar dari obesitas.
Jadi apakah anda ingin memilih makanan daging mentah buatan sendiri atau lebih memilih makanan yang komersial, berkualitas tinggi dan harganya mahal? saya ingatkan kembali pilihan ada ditangan anda sendiri. Makanan yang anda berikan pada kucing akan memiliki dampak langsung terhadap kucing anda seperti mantel bulu dan kesehatannya secara keseluruhan.
**Note : Jika anda ingin mencoba resep saya, yaitu diet daging mentah buatan sendiri, saya akan membuatkan artikelnya lagi untuk anda, tetap tongkrongin blog ini ya.

5. Pembersihan Mata dan bagian wajah

Kucing Persia memiliki wajah yang ekstrim, bulu-bulu disekitar wajahnya akan menutupi  wajah yang datar, karena itu kucing persia memiliki masalah dengan mata drainase dan noda. karena itu anda harus sering sring membersihkan area wajahnya, jangan terlalu membiarkan bulunya tumbuh lebat di area wajah. cara perawatan wajahnyapun sangat bervariasi untuk kucing. Tergantung pada ukuran hidung, kerataan wajah dan kondisi kucing itu sendiri.
Baca Artikel Lainnya: