Mendikbud: Semua Jurusan di SMK Mulai Gunakan Sistem Digital

Mendikbud: Semua Jurusan di SMK Mulai Gunakan Sistem Digital

Mendikbud Semua Jurusan di SMK Mulai Gunakan Sistem Digital

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendorong digitalisasi

di semua jurusan SMK. Hal itu seiring dengan perkembangan era digital yang terjadi di dunia industri. Menurut Muhadjir, digitalisasi ini sudah harus dimulai.

“Saya menyarankan supaya ada program digitalisasi di semua program studi,” kata Mendikbud saat meninjau pembangunan revitalisasi SMK Negeri 9 Bandung, di Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (21/2/2019).

Perancangan desain fesyen selain menggambar secara manual dengan kertas dan pensil,

juga perlu diajarkan menggambar grafis tiga dimensi menggunakan komputer. Begitu juga dengan pembuatan kue, harus diajarkan standarisasi dengan peralatan praktik yang dilengkapi dengan sistem digital.

Kepala Sekolah SMKN 9 Bandung Edy Purwanto mengatakan, dana revitalisasi 2019 belum diterima karena masih harus mengikuti bimbingan teknis terlebih dahulu. “Kami masuk gelombang kedua,” ujarnya.

Ia mengatakan, tahun ini sekolahnya telah merancang digitalisasi di beberapa jurusan.

Salah satunya komputerisasi dan digitalisasi jurusan desain komunikasi visual.

Pada tahun 2017, Kemendikbud memberikan bantuan Pengembangan SMK Pariwisata kepada SMK Negeri 9 Bandung senilai Rp 803 juta. Kemudian bantuan penyediaan ruang praktik senilai Rp 586 juta pada tahun 2018. Pada tahun 2019, Kemendikbud kembali memberikan bantuan senilai Rp 2,95 miliar untuk renovasi gedung dan perwajahan, serta penyediaan peralatan praktik.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mengatakan, sebanyak 21 SMK di Jawa Barat telah mendapatkan program bantuan Revitalisasi SMK. Bidang yang diajarkan meliputi kemaritiman, pariwisata, industri kreatif, pertanian dan agroindustri, serata rekayasa teknologi.***

 

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/