Museum Mode Terbaik di Dunia yang Fashionista

Museum Mode Terbaik di Dunia yang Fashionista

Museum Mode Terbaik di Dunia yang Fashionista

Apakah yang terpikir di benakmu

tentang museum hanyalah berisi barang-barang atau lukisan kuno dari ratusan tahun yang lalu? Sekarang sudah banyak museum modern yang menginspirasi dan menampilkan karya-karya seni-nya melalui fashion di museum mode terbaik di dunia.

Dari koleksi yang didedikasikan untuk orang-orang tertentu dari desainer ternama dunia sampai fashion haute couture ada di museum mode terbaik di dunia. Yuk, simak museum mode terbaik di dunia yang wajib kamu kunjungi!

Christian Dior Museum and Garden

Rumah masa kecil Chistian Dior, sebuah vila tebing di pinggiran Granville, Prancis adalah tempat ia memulai debutnya sebagai museum pada tahun 1988. Koleksi ini tidak hanya menampilkan kreasi desainer yang indah, namun juga banyak potongan yang dirancang oleh rumah mode lainnya. Perancang terkenal, seperti Yves Saint Laurent, Marc Bohan, dan John Galliano semua ada disini.

 

The Balenciaga Museum

Sebagai museum pertama yang didedikasikan untuk apa yang disebut “designer’s designer,” museum Balenciaga adalah suar yang bersinar bagi perancang Basque, berdiri di Getaria, Spanyol. Saat ini, pamerannya menampilkan 70 barang dari pakaian dan 20 aksesori dari 1.200 keping koleksi permanennya, dikumpulkan dari kolektor pribadi dan teman dekat perancang.

The Gucci Museum

The Gucci Museum berdiri di Florence, Italia, bertempat di dalam bangunan Palazzo della Mercanzia dari abad pertengahan, ruang ultra modern ini memiliki gaun luar biasa, tas kulit sporty, dan bahkan Cadillac Seville Classic yang dirancang Gucci. Museum ini tidak secara eksklusif menampilkan produk Gucci. Termasuk instalasi seni kontemporer di galeri, pameran perdananya adalah instalasi video oleh artis Bill Viola, yang ditutup pada bulan Januari.

Museum ini didedikasikan untuk Salvatore Ferragamo, penemu wedge dan cage heel, dibuka pada tahun 1995 di Florence, Italia. Meskipun perancang sepatu ini membuat namanya di Florence, dia berutang banyak pada kesuksesan pertamanya ke bintang-bintang Hollywood yang memuja ciptaannya. Salah satu contohnya yaitu Marilyn Monroe.

 

Museum at FIT

New York Fashion Institute of Technology telah memberi bintang mode dunia seperti Nanette Lepore, Reem Acra museumnya sendiri. Salah satu dari sedikit di kota New York yang bebas untuk dikunjungi, host pameran berputar selalu untuk menarik dari koleksi mengesankan potongan dari desainer seperti Chanel, Halston, Alaia, dan Balenciaga.

Fondation Pierre Bergé – Yves Saint Laurent
museum mode
Sumber: Musée Yves Saint Laurent Paris
Hubungan antara almarhum perancang Yves St Laurent dan rekan bisnisnya yang sudah lama, Pierre Bergé, tercatat dalam film L’Amour Fou (Crazy Love). Yayasan Pierre Bergé – Yves Saint Laurent dimulai pada tahun 2002, ketika St Laurent mengumumkan pengunduran dirinya, dengan tujuan untuk melestarikan 5.000 pakaian Haute Couture dan 15.000 aksesoris Haute Couture serta lebih dari 50.000 gambar dan berbagai macam benda yang menjadi saksi 40 tahun Yves Saint Laurent.

The Kyoto Costume Institute
museum mode
Sumber: KCI
Meski berada di Jepang, ruang lingkup museum ini adalah untuk meneliti kepentingan budaya fashion Barat dan dampaknya terhadap dunia. Berbekal 11.000 item pakaian dan 13.000 dokumen yang berhubungan dengan busana, Kyoto Costume Institute memeriksa lintasan kostum Eropa dan Amerika, dengan penekanan kuat pada penelitian dan interpretasi mode ilmiah. Mereka menerbitkan jurnal dua tahunan DRESSTUDY, dan telah berkolaborasi dengan Taschen dalam katalog kostum Barat yang lengkap dari abad ke-18 sampai sekarang.

Sumber : https://merekbagus.co.id/