UNBK SMP Akan Gunakan Metode HOTS, Ini Maksudnya

UNBK SMP Akan Gunakan Metode HOTS, Ini Maksudnya

UNBK SMP Akan Gunakan Metode HOTS, Ini Maksudnya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggunakan

metode Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Ujian Nasional (UN) SMP 23 – 26 April 2018.

Apa yang dimaksud dengan HOTS? Dikutip Tribunjogja.com dari laman Stephen F. Austin State University, metode Higher Order Thinking Skills membuat seseorang berpikir berpikir lebih dalam dari sekadar menyajikan kembali fakta.

Alice Thomas dan Glenda Throne dalam artikel berjudul ‘How to Increase Higher Order Thinking’ (2008) mengatakan metode ini membawa seseorang ke level yang lebih tinggi dari sekadar menghafal atau menceritakan kembali.

Baca Juga : HUT ke-74 RI, Siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat

Lomba Mirip Bung Karno

Kemampuan ini ditentukan dari Taksonomi Bloom, yang mengategorikan dalam beberapa tingkat pemikiran. Tingkat pemikiran Taksonomi Bloom dari tinggat rendah ke tinggi adalah pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Lalu, bagaimana HOTS dipelajari di sekolah? Untuk menerapkan HOTS, siswa tidak hanya harus memiliki pengetahuan dasar dan pemahaman konsep, namun juga dapat menerapkan apa yang mereka pelajari melalui aktivitas sehari-hari.
Baca Juga : Mahasiswa Unisri Gelar Sekolah Gencar Karakter

Caranya, Guru akan mengajak siswa untuk berpikir kritis. Siswa

akan dapat mempelajari bagaimana dirinya bertindak, disiplin diri, pengawasan diri, dan koreksi diri. Project dan tugas adalah satu di antara aktivitas untuk menantang siswa mempertajam pemahaman mereka.
Baca Juga : KKN Unisri Kecamatan Jatiyoso Gelar Expo Jajan Kuliner Tradisional

Siswa datang dengan data, alasan, dan bukti yang memperkuat pemikiran mereka, menentukan sudut pandang dan perspektif, mempertimbangkan implikasi dan konsekuensi, dan mengevaluasi konsep.

Sementara itu, bobot poin untuk HOTS adalah 10 sampai 15 persen dari total jumlah soal UN yang diujikan. Mungkinkah Indonesia menerapkan metode tersebut, kita tunggu saja hasilnya.

 

Baca Juga :